Jumat, 04 Januari 2013

Firefox OS App Days Jakarta Siap "Guncangkan" Teknologi Indonesia di Awal Tahun


Wah, ada lagi nih acara spesial yang bakal mengguncang Indonesia. Yep, ini dia Firefox OS App Days yang bakal resmi dilaksanakan pada 21 Januari 2013 nanti! Gimana nggak?! Indonesia terpilih sebagai salah satu dari enam negara di Asia yang akan menjadi tempat penyelenggaraan acara yang akan dihadiri oleh 100 orang terdiri dari mahasiswa dan developer Indonesia ini. Keren kan? Buat pembaca yang juga seorang developer, ini bakal jadi kabar gembira! 
Firefox OS App Days Logo

Acara ini akan berlangsung seharian di Hotel Borobudur, Jakarta loh! Gak kebayang serunya seharian membahas teknologi terbaru bersama para ahli kan! Pendaftarannya sendiri sudah dibuka sejak 27 Desember lalu melalui  http://firefoxosappdays-jakarta.eventbrite.com/ dengan  memprioritaskan pada peserta yang berasal dari kalangan pengembang aplikasi, desainer web, dan wiraswasta di bidang teknologi dan informasi.

Apa sih Firefox OS App Days itu?
“Firefox OS App Days” adalah rangkaian acara App Days untuk merayakan kehadiran Firefox OS (sistem operasi mobile oleh Mozilla) yang akan diadakan secara global di lebih dari 25 lokasi di seluruh dunia (24 negara) dalam kurun waktu 19-26 Januari 2013. Keren kan! Di Asia, “Firefox OS App Days” diadakan di Indonesia, Filipina, India, China, Korea Selatan, dan Taiwan. Rangkaian acara ini dirancang dan dilaksanakan oleh staf Mozilla bekerja sama dengan Mozilla Reps dan komunitas Mozilla setempat.

Di Indonesia, acara ini dikoordinasikan sepenuhnya oleh Komunitas Mozilla Indonesia (Mozilla Indonesia Community), hal yang sama juga dilakukan oleh India dan Filipina yang mempercayakan penyelenggaraan kepada komunitas Mozilla setempat.

Selain untuk memperkenalkan Firefox OS dan Firefox Marketplace sebagai sistem operasi dan ekosistem alternatif dalam dunia mobile, tujuan penyelenggaraan acara ini juga untuk memotivasi dan memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya kepada pengembang aplikasi berbasis HTML5 di Indonesia untuk memperkenalkan karyanya secara global. Tuh, ini yang paling ditunggu!

Ada pembicara dari kantor pusat Mozilla yang akan memperkenalkan dan menjelaskan secara detail mengenai Firefox OS dan Firefox Marketplace juga loh! Penjelasan utamanya akan berkaitan dengan peluang besar yang terbuka lebar bagi para pengembang aplikasi Web di Indonesia. Humm, makin penasaran kan? Tunggu aja deh berita selanjutnya di blog ini terkait hal itu!

Acara ini memang bukan ajang kompetisi, tapi pagelaran kesempatan besar untuk memperkenalkan aplikasi Web yang telah dibuat para pengembang aplikasi mulai membuat aplikasi mobile untuk Firefox Marketplace dan ponsel Firefox OS yang akan segera hadir. Peserta cukup datang dengan membawa laptop atau peranti pengembangan aplikasi Anda lainnya.

Sebenarnya apa sih Firefox OS itu?
Firefox OS adalah (Boot To Gecko juga dikenal sebagai B2G) adalah sistem operasi open source untuk smartphone dan tablet yang sedang dikembangkan oleh Mozilla. Ini merupakan implementasi dari aplikasi HTML5 mengintegrasikan hardware perangkat langsung dengan menggunakan JavaScript. http://www.mozilla.org/FirefoxOS

 Nah, itu tadi sekilas tentang acaranya, mau tahu siapa saja yang berada di balik layarnya? Yuk intip!

Tentang Komunitas Mozilla Indonesia
Komunitas Mozilla Indonesia (Mozilla Indonesia) adalah Komunitas yang mendukung semua proyek-proyek Mozilla Foundation di Indonesia. Memulai kegiatannya pada tahun 2004, tepatnya pada bulan November dengan membuat acara peluncuran peramban Mozilla Firefox 1.0 di Jakarta. Komunitas Mozilla Indonesia saat ini memiliki 1 Community Manager, 5 Regional Leader (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar) dan 17 Mozilla Representative Member.

Tentang Mozilla Foundation
Mozilla Foundation adalah sebuah organisasi non-profit yang ada untuk mendukung dan memimpin proyek sumber terbuka Mozilla. Didirikan pada bulan Juli 2003, organisasi menetapkan kebijakan yang mengatur pembangunan, mengoperasikan infrastruktur utama dan mengendalikan merek dagang dan hak cipta Mozilla. Memiliki anak perusahaan kena pajak: Mozilla Corporation, yang mempekerjakan banyak pengembang Mozilla dan menghasilkan Mozilla Firefox (web browser) dan Mozilla Thunderbird (email client). Organisasi ini berbasis di Silicon Valley kota Mountain View, California, Amerika Serikat. http://www.mozilla.org

             Nah, sudah ada gambaran sekilas tentang acara ini dan siapa saja yang terkait dalam acara ini kan? Yep, kalau ada tang ingin bertanya tentang acara ini dapat langsung meninggalkan komentar. Terima Kasih. Semoga bermanfaat. ^_^

4 Komentar:

  1. Wohohoho.. mantap ini Yoe acaranya... Kamu datang ke Jakarta kah?

    BalasHapus
  2. Iya Mas Fre, asyik bisa ketemu sama Mas Fre juga di sana.. :)

    BalasHapus
  3. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

    BalasHapus
  4. mozilla indah, kreatif serta berinnovasi, memiliki desain yang baik.... termakasih atas bantuan mozilla yang semakin membuat saya dapat untuk belajar desain.
    www.tahitiannoniindonesian.com

    BalasHapus