Sabtu, 06 Oktober 2012

Optimalisasi Bisnis?! YouTube for Business Bersama GBG Surabaya


Dari baju putih: Mas Danton, Mrs. Ola, AKU, Mr. Hadi, Mas Yansen
Google Business Group (GBG) Surabaya, sebuah komunitas bisnis dimana setiap orang dapat saling berbagai informasi terbaru seputar dunia bisnis dengan menggunakan teknologi sebagai alat optimalisasi, khususnya produk Google yang menggelar MeetUp di Ballroom Indosat Kayon Surabaya pada Minggu, 30 September sempat aku ikuti loh! Acaranya Seru!
GBG sendiri memiliki 3 ‘kata ajaib’ yang selalu nempel di logonya, Connect, Inform, dan Inspire. Maksudnya adalah GBG akan membantu menghubungkan dengan banyak orang untuk akan saling berbagi informasi sehingga akan ada cerita-cerita baru yang dapat menginspirasi seluruh anggotanya. Meski baru sembilan bulan diresmikan di Indonesia, GBG kini sudah tersebar di tujuh kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Jogya, Medan, Bali, dan Surabaya. Acara yang dimulai pada 14.00 WIB ini dibuka oleh dua pembawa acara yang asyik, yaitu Mas Danton dan Mas Yansen dengan perkenalan awal tentang GBG. Dihadiri oleh lebih dari seratus peserta yang datang, MeetUp ini juga dihadiri dari berbagai pebisnis di Surabaya, developer, bahkan mahasiswa, yah salah satunya adalah aku.
Mrs. Ola menyampaikan materi
Selanjutnya, ada sebuah sesi yang aku tunggu-tunggu, yaitu sesi bagaimana tim GBG di Swiss, apa saja yang dikerjakan di sana sampai bagaimana kantornya yang langsung disampaikan oleh Ola Krainski, Global GBG Program Manager dari Swiss. Dalam penjelasannya Ola menggunakan Bahasa Inggris selama acara berlangsung, namun peserta juga dibantu oleh kedua pembawa acara yang menerjemahkan penjelasan Ola, syukurlah aku masih mengerti apa yang juga dijelaskan Ola. Menurut Ola banyak orang yang ingin berbagung di GBG, karena GBG lebih dari sekedar kegiatan bertemu dan berbagi informasi untuk saling belajar dan menginspirasi. Kantor Google di Swiss merupakan kantor terbesar di dunia dengan banyak engineer yang berkarya membuat berbagai produk Google untuk kemudian digunakan oleh seluruh dunia. Salah satunya adalah pembuatan Google+ SMS, produk Google yang dirancang sebagai usaha membantu mengatasi masalah keterbatasan internet, khususnya di Indonesia, yang terhubung dengan beberapa nomer provider kartu seluler. Selanjutnya adalah komunitas GBG, komunitas yang dibentuk sebagai layanan Google agar semakin lebih dekat dengan para pengguna produk Google di dunia.
Selain itu juga Ola menceritakan bagainama konsep kantor Google di Swiss yang nyaman untuk berkumpul meskipun hanya beristirahat. Ola juga menceritakan salah satu filosofi Google, 1 + 1 hasilnya tak selalu 2, artinya 1 + 1 dapat saling berbagi sehingga akan mendapatkan lebih dari sekedar nilai 2. Menurut Ola, GBG memiliki anggota komunitas yang sangat besar di Asia dimana orang-orangnya dikenal ramah dan menyenangkan, terutama Indonesia. Dengan prestasi sebagai GBG pertama di Asia, 3 workshop di kota besar Indonesia, GBG yang tersebar di 7 kota, 16 mengadakan MeetUp dalam 9 bulan, 500 anggota terdaftar sebagai anggota GBG, dan 46.262 orang di Cirkel G+ GBG Indonesia.
Dennis Adiswara menyampaikan materi Web Series untuk Indonesia
Acara ini adalah MeetUp ketiga yang diselanggarakan di Surabaya, sebelumnya GBG Surabaya hadir dengan tema Setting Up Google AdWords Campaign dan Google for Business. Kali ini GBG hadir dengan tema YouTube for Business. Ada banyak pengetahuan bagaimana mengoptimalkan bisnis dengan pemanfaatan YouTube, salah satu produk yang baru diakuisisi Google. Setiap bisnis, dapat dipasarkan menggunakan mini video yang menjelaskan produk. Hal ini juga di sampaikan oleh Cak Ikin, pembuat mini film “Grammar Suroboyo” dan Mas Dennis Adiswara, salah salu pelopor Indonesia Web Series yang datang dari Jogya serta komunitas pembuat film Spears. Kira-kira MeetUp selanjutnya akan mengusung tema apalagi yah? Kita tunggu saja acara berikutnya! [yoe]
Foto Bersama untuk Dokumentasi, pengen lagi,,, :D

0 Komentar:

Posting Komentar