Selasa, 22 November 2011

Aplikasi Maintance Product Database Northwind

                       Hal pertama yang kami buat dalam tugas ini adalah menganalisa alur aplikasi dengan cara membuat docflow sederhana. Setelah itu kami mulai merancang tampilan form yang diharapkan pad Microsoft Visual Studio 2005.


Setelah tampilan form dibuat, kami mulai membuat kodingan awal pada form load. Pada kodingan yang kami tampilkan dalam blog ini juga dilengkapi keterangan (comment) kegunaa perintah query yang ditulis sehingga dapat digunakan sebagai bahan belajar bagi pemula. Langkah pertama adalah menuliskan “imports” untuk mengambil paket guna mengambil paket method dan function.
Setelah itu membuat deklarasi koneksi dan mengisi variable koneksi. Membuat instance pada koneksi. Lalu mulai untuk membuka koneksi dan kami membuatnya dengan langsung menuliskan kodingan untuk menutup koneksi. Setelah itu, ditengah kkodingan koneksi open dan close, kami munuliskan perintah yang akan dijalankan oleh program. Tentu saja deklarasi terlebih dahulu untuk setiap variable baru yang hendak di buat dan variable yang digunakan untuk membaca perintah di form load.
Kemudian, kami menyiapkan instance yang dilengkapi dengan query dan variabel koneksi pada setiap textbox, combobox, dan button yang menurut kami perlu. Namun  proses selanjutnya kami sesuaikan dengan kebutuhan.
Berikut adalah gabungan deklarasi-deklarasi yang digunakan agar program yang dibuat berjalan sesuai dengan perintah yang hendak diberikan:
                Query berikut akan menjelaskan tentang koneksi yang kami buat serta langkah pertama yang kami jalankan, yaitu mengambil data dari batabase northwind untuk 3 combobox. Combobox yang pertama akan berisi primarykey, ProductID, di table Products pada batabase northwind. Combobox kedua berisi SupplierID di table Products pada batabase northwind, dan combobox ketiga berisi SupplierID di table Products pada batabase northwind.
Berikut adalah kodingan perintah yang kami buat:
Langkah berikutnya, kami mengambil CompanyName yang sesuai berdasar pada SupplierID dan mengambil CategoryName  yang sesuai berdasar CategoryID.
Berikut adalah kodingan perintah yang kami buat:
Setelah itu barulah kami membuat kodingan untuk button “Save” yang akan menyimpan segala data yang telah diinsertkan melalui form dan menyimpannya ke database. Setelah proses penyimpanan selesai, akan muncul pesan “Data Disimpan”  dan form akan kembali bersih secara otomatis.
Berikut adalah kodingan perintah yang kami buat:

Kemudian kami mulai merancang button “Display” yang mewajibkan user memilih terlebih dahulu Product ID pada combobox untuk menampilkan data sesuai dengan ProductID yang tersimpan di batabase northwind.
Berikut adalah kodingan perintah yang kami buat:

Lalu kami membuat kodingan untuk button “Edit” yang digunakan jika ada data yang akan diubah, tentu saja sebelum mengedit user harus menampilkan dulu data dengan memilih Product ID pada combobox. Setelah user mengubah data, user menekan button “Edit” dan akan muncul pesan “Data Diubah” serta form akan kembali bersih secara otomatis.
Berikut adalah kodingan perintah yang kami buat:

Selanjutnya kami membuat kodingan untuk button “Delete” yang digunakan jika ada data yang akan dihapus, sebelum menhapus data user tidak harus menampilkan dulu data dengan memilih Product ID pada combobox, user dapat langsung menekan  button “Delete” dan akan muncul pesan “Data Dihapus” serta form akan kembali bersih secara otomatis.
Berikut adalah kodingan perintah yang kami buat:

             Lalu kami membuat kodingan untuk button “Clear” yang akan membantu user untuk mempercepat membersihkan area form.
              Berikut adalah kodingan perintah yang kami buat:
Dan yang terakhir, kami membuat kodingan button “Exit” yang digunakan jika user ingin keluar dari program yang dijalankan saat ini.
Berikut adalah kodingan perintah yang kami buat:

File Tugas dapat unduh di sini

4 Komentar:

  1. Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya




    (((( BUKA BLO DANA GHAIB DAN NOMOR GHAIB MBAH RAWA GUMPALA ))))







    Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya.

    BalasHapus